Monday, October 3, 2016

8 Waterfall Paling Menarik di Riau, Sumatra

Provinsi Riau, Indonesia | Ternyata menyimpan beberapa waterfall yang menawan. Keindahan pemandangan air terjun ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Air terjun ini bahkan juga mampu memberi suasana sejuk dan nyaman. Dimana saja air terjun di Riau yang paling menarik untuk dikunjungi?
1. Air Terjun 86
Dinamakan Air Terjun 86 karena berada di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun yang berada di Taman Nasional Bukit Tigapuluh tepatnya di selatan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Propinsi Riau. Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 50 m. Di atas air terjun sudah tersedia camping ground. Dan untuk mencapai air terjun ini membutuhkan perjuangan ekstraya yaitu harus melewati jalan setapak yang cukup berliku dan terjal.
2. Air Terjun Alahan
Air terjun yang satu ini berada di hulu sungai Kampar. Keindahan alam dan kesegaran udaranya menjadi salah satu daya tarik air terjun ini. Ketinggian air terjun ini mencapai 10 sampai 15 meter. Aneka flora dengan warna hijau khasnya akan memanjakan mata pengunjung dan memberi kesan kesejukan.
3. Air Terjun Pangkalan Kapas
Air Terjun Pangkalan Kapas merupakan air terjun tertinggi di Riau. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter. Lokasinya berada di Desa Lubuk Bigau. Kec Kampar Kiri Hulu, Kab Kampar. Berniat kesana?
4. Air Terjun Empunawan
Air terjun ini berlokasi di Taman Nasional Bukit Tigapuluh Riau. Air Terjun Empunawan ini punya ketinggian sekitar 31 meter dan airnya jernih. Air terjun cantik ini dapat ditempuh selama 3 jam dari Desa Rantau Langsat, jaraknya sekitar 4,5 km. Bekunjung ke Taman Nasional Bukit Tigapuluh sambil menikmati air terjun eksotisnya, menarik bukan?
5. Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua belokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau. Air terjun bertingkat ini sering pula disebut air terjun tangga seribu. Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua diambil bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertua. Aek Martua juga merupakan nama sungai di mana air terjun ini berada. Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan jarak beberapa puluh meter saja. Ketinggiannya bervariasi mulaudengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter. Air terjun pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam seluas 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler adalah air terjun ketiga, dimana pengunjung yang mempunyai keahlian panjat tebing bisa mencoba keahliannya disana.
6. Air Terjun Guruh Gemurai
Air Terjun Guruh Gemurai berada dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh, perbatasan Sumbar-Riau. Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa daerah setempat, dimana Guruh berarti Gemuruh sedangkan Gemurai adalah percikan air yang berserakan. Jadi air terjun Guruh Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikan atau curahannya bergemuruh. Air terjun ini memiliki dua curahan air, dengan curahan pertama mempunyai ketinggian hampir 20 meter. Selain itu pengunjung juga bisa mandi di dasar air terjun karena terdapat kolam penampungan yang bisa digunakan untuk mandi.
7. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban
Air Terjun yang satu ini berada di Kabupaten Kuantan Singingi dan selalu ramai dikunjungi saat acara mandi Balimau yang digelar sehari menjelang bulan Ramadhan. Diberi nama Tujuh Tingkat Batang Koban karena air jatuh dari tebing yang bertingkat 7 dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan keempat mencapai ketinggian antara 5-15 meter. Bahkan pada tingkat ke enam mencapai ketinggian sekitar 30 meter lebih.
8. Air Terjun Batu Dinding
Satu lagi air terjun cantik di Kab. Kampar tepatnya berada di areal objek wisata batu dinding. Terdapat 3 atraksi alam yang tersedia di objek wisata ini yaitu 2 air terjun dan 1 air selancar. Butuh perjuangan untuk sampai di air terjun ini karena berada di tengah Hutan Desa Tanjung Belit.
Menarik bukan 8 Air Terjun tadi, berniat berkunjung?

No comments:

Post a Comment